Tuesday 2 December 2008

Membuat Read more .... pada Blogger

Tulisan ini berdasarkan pengalaman membuat read more .... atau baca selengkapnya... pada blog ini. Pada awalnya saya ingin tulisan yang saya posting nanti yang terlalu panjang dan lama bisa saya singkat pada halaman utama, dan kalau pembaca ingin membaca selengkapnya bisa meng-klik read more pada akhir artikel. Seperti yang saya lihat pada website berita - berita, karena terlihat bagus dan rapi maka sayapun ikut - ikutan membuat read more :D. Karena saya newbie di dunia perbloggingan maka seperti biasa saya mencari cara - caranya di mbah google, kemudian saya aplikasikan di blog ini. dan akhirnya saya dokumentasikan juga biar di kemudian hari tidak lupa dan cari - cari lagi di google. Oke langsung saja ....

Tahap pengeditan template


1. Pertama tentu login dulu di blog kita
2. Pada dashboard klik layout kemudian klik tab edit html
3. Centang "expand widget template"
4. cari </head> dan tambahkan kode berikut diatas </head> tersebut

<style>
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
span.fullpost {display:inline;}
<b:else/>
span.fullpost {display:none;}
</b:if>
</style>

5. cari <data:post.body/> dan tambahkan kode berikut di bawah
kode <data:post.body/> tersebut

<b:if
cond='data:blog.pageType != "item"'>
<a expr:href='data:post.url'> Read More..</a>
</b:if>


6. klik save template. selesai sudah tahap pertama.

Pada awal mencoba saya sempat mengalami error dan tidak bisa menyimpan perubahan yang telah saya lakukan. Ternyata masalahnya ada pada browsernya, pada waktu itu saya memakai mozilla firefox. Saya pun beralih ke IE dan masalahpun terselesaikan. Setelah saya bisa mengeditnya di IE saya coba lagi di mozilla, dan ternyata bisa! ealah ......

Tahap Testing Posting Artikel

  • Setelah mengedit template, kita coba pada artikel yang telah diposting maupun artikel yang akan diposting Letakkan kode di bawah pada artikel yang akan kita penggal. Pada artikel ini kode di bawah saya letakkan setelah kata "Oke langsung saja ...." maka akan terlihat pada halaman utama setelah kata tersebut, artikel selanjutnya tidak ditampilkan, diganti dengan tulisan "read more ...... ".
<span class="fullpost">

  • Kemudian letakkan kode di bawah setelah kata terakhir dari artikel kita. Pada artikel ini saya letakkan setelah kata "Semoga bermanfaat..".
</span>

  • Klik Publish Post. Selesai.


Tips

Agar kita tidak perlu mengingat - ingat lagi kode yang harus kita letakkan pada saat kita memposting, copy-paste kode di atas yaitu :

<span class="fullpost">

</span>

ke dalam :
  • klik setting kemudian klik formatting. cari Post Template (paling bawah sendiri)
  • masukkan kode tersebut di atas pada kotak kosong di samping tulisan Post Template
  • Klik Save Settings
Setelah itu ketika anda akan memposting artikel, kode tersebut secara otomatis akan muncul.


Semoga bermanfaat.










Custom Search

No comments: